Senin, 04 November 2013

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S4 dan iPhone 5

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S4 dan iPhone 5


iPhone 5


Produsen smartphone asal negeri ginseng, Korea Selatan, Samsung baru-baru ini sudah meluncurkan Samsung Galaxy S4. Samsung Galaxy S4 ini terus menggempur pasar smartphone untuk mengalahkan pesaing abadinya yang terlebih dulu muncul yaitu iPhone 5. Samsung dan Apple sebenarnya merupakan ‘sahabat dekat’, dimulai ketika Samsung bekerja sama dengan Apple dengan memasok chip untuk produk iPhone. Namun benih-benih permusuhan mulai muncul ketika Apple menggugat Samsung atas pelanggaran hak paten iPhone di sejumlah negara dalam produk Galaxy. Samsung Galaxy S4 digadang-gadang lebih tipis, lebih canggih, lebih tangguh dan lebih murah dari iPhone 5. Namun benarkah demikian? Berikut ini akan diulas keunggulan dan kekurangan dari dua produk ternama ini, mana yang lebih unggul, Samsung Galaxy S4 ataukah iPhone 5?

Adu performa
Banyak pihak yang dibuat penasaran dengan performa dari Samsung Galaxy S4. Dalam sebuah pengujian yang dipublikasikan pada forumAndroid Community, Samsung Galaxy S4 coba diadu dengan mereksmathphone lain seperti Blackberry Z10, HTC One, LG Nexus 4 dan iPhone 5 melalui aplikasi benchmark Geekbench 2. Hasilnya sangat mengejutkan, Samsung Galaxy S4 yang dibekali dengan prosesor 4 Core QualcommSnapdragon 600 mencetak skor teratas dengan nilai 3163 jauh di atas iPhone 5 yang berada di urutan keempat dengan nilai 2687 yang dibekali prosesor A6 Dual Core.

Adu kamera
Sebuah situs teknologi bernama Gizmodo mencoba menyandingkan Samsung Galaxy S4 bersama para kontestan lain seperti iPhone 5, Nokia Lumia 920, HTC One dan Sony Xperia ZL. Gizmodo melakukan pengetesan dalam empat kondisi yaitu close up pada siang hari, low light tanpa flash,low light dengan flash dan pemandangan pada siang hari. Hasilnya, Samsung Galaxy S4 unggul dalam setiap kondisi dengan menampilkan foto yang tajam. Nokia Lumia 920 dan HTC One hasil fotonya memang bagus namun sayang Nokia Lumia 920 kurang dalam keseimbangan warna dan HTC One kadang fotonya berbintik-bintik (noise). Sedangkan untuk Sony Xperia ZL hasilnya kurang memuaskan dan iPhone 5 harus lebih meningkatkan kualitas jepretannya dalam empat kondisi tersebut. Perlu diketahui, Galaxy S4 mengusung kamera 13 MP dan iPhone 5 menggunakan kamera 8 MP.

Adu kuat
Kalau soal performa Samsung Galaxy S4 memang mengungguli iPhone 5 seperti yang ditunjukkan dalam tes benchmark Geekbench 2. Namun, apakah itu berlaku juga untuk tes adu kuat? Situs Techsmart mencoba membandingkan kekuatan Samsung Galaxy S4 dan iPhone 5 melalui tes jatuh (drop test). Ada dua pengujian, pertama dilakukan pada ketinggian saku celana orang dewasa. Bagaimana kedua smarthphone ini jika dijatuhkan? Hasilnya iPhone 5 casing-nya sedikit mengelupas sedangkan pada casing Samsung Galaxy S4 tidak terdapat goresan.
Sedangkan pengujian kedua dilakukan di ketinggian 2 meter. Layar dancasing iPhone 5 tampak mengalami sedikit ‘luka’ sedangkan layar Galaxy S4 mengalami retak cukup parah. Namun hebatnya, kedua smartphone ini masih bisa digunakan dan bekerja dengan baik. Untuk pengujian yang lebih ekstrem lagi pada ketinggian 1 lantai, iPhone 5 menunjukkan ketangguhannya. iPhone 5 hanya retak pada layar dan bagian belakang. Sementara Galaxy S4 retak parah pada layar dan langsung mati. Sebagai catatan, casing Galaxy S4 terbuat dari plastik sedangkan iPhone 5 menggunakan aluminium.

Adu layar, memori dan baterai
Layar Samsung Galaxy S4 lebih lega atau lebih lebar dibandingkan layar pada iPhone 5. Selain lebar, Galaxy S4 memiliki resolusi lebih baik yakni 1920 x 1080 pixel sedangkan iPhone 5 hanya 1136 x 640 pixel. Untuk kapasitas penyimpanan data, Samsung memberikan kemudahan bagi penggunanya dengan menambah slot micro SD pada body untuk upgrade storage, sedangkan iPhone 5 tidak memberikan opsi penambahan kapasitas penyimpanan data.
Diadu dari baterainya, Samsung Galaxy S4 lebih mudah untuk mobile karena baterainya bisa dengan mudah dibongkar pasang. Namun karena layar Galaxy S4 memakai teknologi OLED, konsumsi baterainya terbilang ‘rakus’. Sedangkan iPhone 5 menyematkan baterai permanen yang tidak bisa dibongkar pasang namun konsumsi baterainya lebih hemat dari Galaxy S4 dalam penggunaan layar cerah yang maksimal.


Samsung Galaxy S4 dan iPhone 5 memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Semoga ulasan di atas bisa digunakan sebagai pilihan dalam menentukan membeli Galaxy S4 ataupun iPhone 5 sesuai dengan kebutuhan, membeli Galaxy S4 yang berharga Rp 7,5 juta atau iPhone 5 yang dibandrol Rp 8,8 juta.

0 komentar:

Posting Komentar