Sabtu, 29 September 2012

TEORI ORGANISASI UMUM


Teori Organisasi Umum
Teori organisasi umum adalah suatu pikiran yang merupakan sekelompok orang yang membagi tugas dengan cara struktur untuk mendapatkan pedoman yang ingin dicapai bersama-sama.
Unsur - Unsur Dalam Organisasi Umum
1.       Manusia(man) : dalam keorganisasian, manusia sering disebut sebagai pegawai atau personel yang terdiri dari semua anggota organisasi tersebut yang menurut fungsi dan tingkatannya terdiri dari pimpinan(administrator) sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi, manajer yang memimpin tiap-tiap satuan unit kerja yang sudah dibagikan sesuai dengan tugas dan fungsinya, dan para pekerja.
2.      Kerjasama(team work) : suatu kegiatan bantu-membantu antar sesama anggota organisasi yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. oleh karena itu, anggota organisasi dibagi menjadi beberapa bagian sesuai fungsi, tugas dan tingkatannya masing-masing. 
3.      Tujuan bersama : adalah arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan merupakan titik akhir dari apa yang diharapkan atau dicapai dalam organisasi. Setiap anggota sebuah organisasi harus mempunya tujuan yang sama agar organisasi tersebut dapat berjalan sesuai dengan keinginan bersama.
4.      Peralatan(equipment) : segala sesuatu yang digunakan dalam organisasi seperti uang, kendaraan, gedung, tanah dan barang modal lainnya.                                  
5.      Lingkungan(environtment): yang termasuk kedalam unsur lingkungan adalah :
• Kondisi atau situasi yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi    berjalannya organisasi karena kondisi atau situasi sangat dekat hubungannya dengan organisasi dan anggotanya                                                                                         • Tempat atau lokasi, karena mempengaruhi sarana transportasi dan komunikasi 
• Wilayah operasi yang dijadikan sarana kegiatan organisasi, wilayah operasi dibagi menjadi empat, yaitu wilayah kegiatan,wilayah jangkauan, wilayah personil, wilayah kewenangan atau kekuasaan  
6.       Kekayaan alam yang dimaksud adalah cuaca, keadaan geografis, flora, fauna dll.
7.       Kerangka/kontruksi yaitu mental organisasi itu sendiri.

Teori - Teori Organisasi
• Teori Organisasi Klasik (Teori Tradisional)
a. Teori Birokrasi
b. Teori Administrasi
c. Manajemen Ilmiah
• Teori Neo Klasik (Teori Hubungan atau Manusiawi) yaitu menekenakan pentingnya aspek  psikologis & sosial karyawan
• Teori Organisasi Modern Semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan & saling ketergantungan
Kesimpulan :
Ø  Secara garis besar organisasi mempunyai tiga unsur yaitu orang-orang, kerjasama dan tujuan bersama-sama . Ketiga ketiga unsur tersebut saling berhubungan dan merupakan satu kesatuan
Ø  Dari berbagai macam teori organisasi yang dikemukakan oleh para ahli, tiada satupun yang memiliki kebenaran mutlak
Ø  Antara berbagai macam teori organisasi tersebut saling isi dan saling melengkapi

Sumber :

Ciri-ciri, Unsur & Teori Organisasi, Gunadarma University

0 komentar:

Posting Komentar