Materi Perilaku konsumen
Soal :
1. Apa yang dimaksud
dengan perilaku konsumen ?
2. Mengapa perilaku
konsumen perlu di kaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industry ?
3. Jelaskan pendekatan
yang dapat digunakan dalam analisa perilaku konsumen ?
4. Faktor apa yang
menentukan perilaku konsumen ?
5. Bagaimana menyikapi
masalah perilaku konsumen ?
Jawab :
1. Perilaku konsumen
adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian,
pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi
memenuhi kebutuhan dan keinginan.
2. Untuk mendesain bauran
pemasaran, mensegmen pasar bisnis, memposisikan dan mendeferensiasikan produk,
melaksanakan analisis lingkungan, mengembangkan studi riset pasar.
3. Terdapat tiga
pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen.
- Pendekatan pertama
adalah pendekatan interpretif. Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku
konsumsi dan hal yang mendasarinya. Studi dilakukan dengan melalui wawancara
panjang dan focus group discussion untuk memahami apa makna sebuah produk dan
jasa bagi konsumen dan apa yang dirasakan dan dialami konsumen ketika membeli
dan menggunakannya.
- Pendekatan kedua adalah
pendekatan tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi
kognitif, sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi. Pendekatan ini
bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perliku dan
pembuatan keputusan konsumen. Studi dilakukan melalui eksperimen dan survey untuk
menguji coba teori dan mencari pemahaman tentang bagaimana seorang konsumen
memproses informasi, membuat keputusan, serta pengaruh lingkungan sosial
terhadap perilaku konsumen.
- Pendekatan ketiga
disebut sebagai sains marketing yang didasari pada teori dan metode dari ilmu
ekonomi dan statistika. Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan
menguji coba model matematika berdasarkan hirarki kebutuhan manusia menurut
Abraham Maslow untuk memprediksi pengaruh strategi marketing terhadap pilihan dan
pola konsumsi, yang dikenal dengan sebutan moving rate analysis.
4. Faktor Sosial
:Grup,Pengaruh Keluarga,Perandan Status.
Faktor Personal :Situasi
Ekonomi,GayaHidup, Kepribadian dan Konsep Diri,Umur dan Siklus Hidup,Pekerjaan.
Faktor Psikologi :Motivasi,Persepsi,Pembelajaran,
Beliefs and Attitude.
Faktor Kebudayaan
:Subkultur dan Kelas Sosial.
5. Sebaiknya konsumen tidak
mudah terpengaruh keinginan sesaat, telitilah sebeum membeli, apakah barang
yang akan kita beli itu termasuk kebutuhan atau keinginan dan apakah bermanfaat
untuk kita. Selain itu kurangi pembelian barang yang kurang perlu untuk
mengurangi pengeluaran dan mencegah kita menjadi konsumen yang konsumtif.
0 komentar:
Posting Komentar