Jumat, 11 Oktober 2013

Tips and Trick Mempelajari Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Tips and Trick Mempelajari Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips tentang bagaimana cara mempelajari Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Di postingan sebelumnya telah di jelaskan mengapa kita harus mempelajari Bahasa Indonesia lagi. Mungkin kedua topik ini berhubungan.

“Berbahasa Indonesia lah dengan baik dan benar”.
Kalimat ini sudah sering kali kita baca, dengar, atau tulis. Terkesan sepele dan hanya sekadar formalitas. Tapi kalau diresapi benar-benar, sungguh dalam maknanya.
Apa sebenarnya maksud dari kalimat pertama di atas?

Bahasa sebagai salah satu sarana komunikasi antar sesama manusia tentunya bertujuan agar dapat dimengerti oleh manusia lainnya. Meskipun berbicara dalam satu bahasa yang sama, dalam hal ini bahasa Indonesia, namun ragam bahasa yang dipakai tidaklah sama. Masing-masing kelompok menggunakan ragam bahasa yang berbeda. Pemanfaatan ragam bahasa yang tepat dan serasi menurut golongan penutur dan jenis pemakaian bahasa inilah yang disebut berbahasa yang baik. Dapat dikatakan, berbahasa yang baik adalah berbahasa yang sesuai konteks.

Sementara berbahasa yang benar adalah jika pemakaian bahasa -dalam hal ini bahasa Indonesia- mengikuti kaidah yang dibakukan. Bahasa yang baik dan tepat sasaran tidak selalu menggunakan kaidah baku ini. Misalnya, pemakaian bahasa Indonesia untuk percakapan sehari-hari tentu berbeda dengan pemakaian bahasa Indonesia dalam sebuah pidato formal.

Selanjutnya, saya ingin memberi tips cara mudah ketika kita sedang di hadapkan soal Bahasa Indonesia yang terkadang membingungkan.

Yang pertama, bangun kebiasaan untuk membaca. 
Biasanya kita tidak memahami bahasa kita sendiri karena kita jarang membaca.Kebiasaan membaca bisa dibangun dengan membaca yang santai-santai dulu aja, seperti: baca novel. Membaca melatih kita memahami inti suatu cerita dan ide-ide pokok dalam setiap paragraf ( ini biasa ditanyakan dalam ujian).
Dan tentu saja, baca dan banyak kerjakan latihan dari beberapa buku latihan soal bahasa indonesia (jangan cuma satu buku).
Pilih buku latihan soal yang memiliki kunci jawaban dengan pembahasan yang lengkap dan detail. 
Biasakan untuk mempersiapkan waktu belajar min. 1 jam sehari untuk bahasa indonesia. 
Dan selalu ingat “ala bisa karena biasa”.

Sekian, semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar