Senin, 09 Desember 2013

PERKEMBANGAN FASHION DAN BRAND PAKAIAN DI INDONESIA

Fashion adalah istilah umum untuk style yang populer atau praktek, terutama dalam pakaian, sepatu, atau aksesori. Fashion mereferensi suatu apapun yang sedang tren saat ini dalam tampilan atau cara berdandan seseorang. Gaya seseorang berlaku juga dalam perilakunya. Secara istilah yang lebih teknis untuk fashion adalah kostum, tapi kini menjadi begitu terkait di mata publik dengan istilah "fashion".

Di Indonesia perkembangan fashion cukup pesat. Walaupun beberapa tahun yang lalu pasar fashion sempat di kuasai oleh kehadiran brand luar negeri. Belum lagi karena konsumen di Indonesia, sering mengganggap brand luar lebih baik dari segi kualitas maupun dari segi desainnya. Tapi pada perkembangannya, brand lokal telah ada dari lama.

Menjamurnya brand lokal saat ini tidak bisa di lepaskan oleh kehadiran brightspot market, yaitu wadah bagi desainer lokal untuk memamerkan rancangannya dalam bentuk event dan pameran. Brightspot market didirikan pada tahun 2009 dengan tujuan menawarkan pengalaman ritel yang baru dengan memfokuskan desainer lokal yang ready to wear. Brightspot market berhasil menaikkan nama desainer lokal dan brand lokal ke masyarakat negeri sendiri.

Setelah beberapa kali menyelenggarakan event, brand lokal di Jakarta khususnya, menjadi pusat perhatian dalam pergerakan fashion. Bahkan kini, menjadi kiblat fashion untuk para anak-anak muda di Jakarta. Naiknya nama brand lokal juga disebabkan karena kebanyakan brand lokal sangat mementingkan kualitas dan kepuasan pelanggan. Sehingga, jika ada prodak yang kurang memuaskan, mereka cepat mengambil langkah untuk memperbaikinya. Banyak dari mereka juga mendengarkan apa yang konsumen mau sehingga inovasi produk mereka terus berjalan. Faktor-faktor ini juga yang menyebabkan brand lokal sekarang dapat berkompetensi dengan brand luar negeri.

Perkembangan brand lokal saat ini juga didukung oleh slogan 100% Cinta Indonesia yang gencar di sosialisasikan di media massa dengan harapan agar kita sebagai bangsa Indonesia lebih cinta terhadap brand lokal atau produk lokal.

Ini merupakan gerakan dari bentuk apresiasi bangsa untuk mendorong perkembangan dunia fashion dan membuatnya dapat berbicara di publik. Kampanye tersebut ternyata mendapat respon positif terhadap perubahan antusiasme masyarakat dalam membeli suatu barang. Terutama terjadi peningkatan drastis terhadap brand lokal, Khususnya di fashion sampai 85%.

Gerakan Cinta Indonesia 100% ini juga di dukung oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta para pecinta brand lokal seperti Nadine Chandrawinata, Dian Sastriwardoyo, Anne Avantie, Adjie Notonegoro, Kanaya Tabitha dan Poppy Dharsono yang terjun langsung dalam kampanye ini demi membuat brand lokal digemari oleh masyarakat kita sendiri.

Berikut ini adalah salah satu contoh dari brand-brand buatan Indonesia yang telah sukses masuk di pasar internasional :

1. Lea Jeans

     Banyak orang yang mengira bahwa brand Lea Jeans merupakan sebuah produk celana berbahan dasar denim yang asalnya dari Amerika Serikat. Namun sebenarnya brand yang satu ini merupakan produk asli Indonesia. Merek jeans yang satu ini memang sangat berkualitas dan memiliki reputasi yang mendunia. Lea Jeans merupakan pesaing terbesar Levi’s Jeans sebagai produk pakaian denim terbaik dunia. Membuat kita bangga memakainya karena ini juga asli buatan Indonesia loh ladies!


Fakta: 7 Brand Ini Asli Punya Indonesia!

2. Surfer Girl



‘Surfer Girl’, salah satu merek teratas untuk gadis-gadis muda di Indonesia, telah menandatangani promosi FLIP sebagai distributor utama mereka di Australia. Didirikan di Bali sejak tahun 1998, Surfer Girl telah menarik perhatian ratusan ribu turis muda Australia. Seperti tahun 2013, berbagai produk up-to-date Australia termasuk stiker bermerek, gantungan kunci, alat tulis, botol air, tas, handuk, sandal jepit dan berbagai aksesoris lainnya super lucu. Produk yang baik nilai, warna-warni, dan mencerminkan nilai-nilai inti dari merek ‘LOVE, NATURE, FRIENDS dan menyenangkan’. Dengan merek yang kaya kartun warisan (segera untuk menjadi animasi), dan popularitas logo besar, merek yang dimiliki lahir Australia Bali dengan cepat muncul sebagai salah satu yang paling signifikan bagi gadis-gadis muda di seluruh wilayah Asia Pasifik. Buat penggemar produk Surfer Girl biasanya tidak tahu kalau merek ini adalah merek lokal. Surfer girls merupakan merek asli dari dari Bali, Indonesia.

Fakta: 7 Brand Ini Asli Punya Indonesia!


3.   The Executive
Sebelumnya bernama “Executive 99″ yang lahir tahun 1974. Lalu pada tahun 1985 berganti pemilik, dan tahun 2000 berganti nama menjadi The Executive. Saat ini, brand The Executive bisa dijumpai di Malaysia, Singapura, dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya.

executive 21 Brand Indonesia yang Disangka Brand Luar Negeri   sharing di sini berbagi ide, cerita, pengalaman, dan ilmu


4. Damn! I Love Indonesia

Damn! I Love Indonesia adalah sebuah brand yang mengambil medium appereal untuk mengekspresikan kecintaan anak muda Indonesia terhadap bangsanya dengan mengusun tema-tema yang bernuansa patritotik dan nasionalis namun dikemas secara pop.



5.  Airplane Systm Clothing
            Didirikan oleh Tubagus Fikri Chikara pada tahun 1998. Kini Airplane Systm tak hanya dikenal di Indonesia tetapi juga di Malaysia, Perancis, dan Eropa.

6. Black ID
            Black id membawa konsep fashion yang mengangkat gaya-gaya fashion asli Indonesia yang dikemas dalam gaya-gaya STREET-WEAR. Konsep baru Black Id tersebut ternyata diterima positif oleh pasar yang akhirnya berkembang menjadi jalinan yang lebih lias dan intens dengan melibatkan pihak-pihak media. Black id juga tidak hanya dijual di Indonesia tetapi juga di Malaysia.



0 komentar:

Posting Komentar